• Admin

Lab Bahasa Yang Bagus


Sering timbul pertanyaan "apa sih lab bahasa yang bagus...?"

apakah yang harganya mahal merupakan lab bahasa yang bagus..?

apakah yang berasal dari luar negeri...? dari produsen yang besar..? atau mungkin ada alasan lain..

mungkin jawabannya tidak akan ada yang pasti, untuk itu Penulis mencoba mengajak kita semua melihatnya dari sudut pandang yang berbeda, bagaimana jika kita melihatnya dari sisi "kepuasan konsumen" dalam hal ini kita kerucutkan dari 3 indikator :

  1. Kualitas Produk

  2. Kualitas Pelayanan

  3. Sisi Harga

kita mulai dari yang pertama "Kualitas Produk", kualitas produk ini melekat dari sisi Produk lab bahasa nya, apakah manual, digital maupun software.

sehingga komsumen memiliki pertanyaan, mana produk yang sekiranya saya beli akan menghasilkan kualitas terbaik, tahan lama, terus berkembang, fungsi yang bisa di update, mudah dan mungkin bisa dimaintenance sendiri tanpa biaya atau mungkin tidak ada biaya yang mengikat tiap tahunnya (Annual Fee).

Setelah Konsumen merasa sudah menjatuhkan pilihan kepada produk yang diinginkan, maka setiap konsumen yang normal akan menginginkan bahwa produk yang mereka miliki terlindungi oleh Pelayanan dari Produsen dari waktu ke waktu. Apakah Produsen memiliki Service center atau contact center yang mudah di hubungi, karena berkembangnya zaman banyak sekali yang menawarkan produk lab bahasa secara online di marketplace, dimana secara legalitas produsen yang menjualnya akan sulit di buktikan berbeda dengan produsen yang memiliki badan hukum serta domisili kantor yang jelas.

yang terakhir adalah "sisi harga", di sisi ini mungkin agak sedikit sensitive, seperti kita ketahui dan pahami bersama bahwa kita tidak dapat memukul rata bahwa dunia pendidikan di indonesia yaitu sekolah-sekolahnya memiliki sumber daya yang sama. Pertanyaan akan timbul apakah sekolah dengan "budget terbatas" tidak boleh memiliki fasilitas lab bahasa yang modern..? dimana letak keadilannya bukan. Disinilah peran pemerintah dan swasta datang untuk membantu sekolah-sekolah ini melalui dana BOS maupun dana CSR Perusahaan, sehingga sekolah bisa memanfaatkan dana bantuan Pemerintah dan swasta ini untuk menyediakan fasilitas penunjang pembelajaran modern untuk anak didiknya dengan segenggam harapan kepada anak didik, bahwa sekolah selalu berusaha yang terbaik untuk mereka.




175 views0 comments