top of page
  • Vettrasolusindo

Keuntungan Memiliki Lab Bahasa Inggris

Lab Bahasa Inggris

lab bahasa inggris

Di Indonesia, bahasa Indonesia memang menjadi bahasa utama. Tetapi, di abad 21 dimana kita dapat saling terhubung, mengharuskan kita untuk menguasai bahasa internasional, yaitu bahasa inggris. Namun, dikarenakan bahasa inggris, bukanlah bahasa utama, maka sangat diperlukan pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud bukanlah hanya sekedar belajar di kelas. Namun, diperlukan pembelajaran dan pelatihan secara praktik melalui lab bahasa inggris. Dengan memiliki lab bahasa inggris yang dibuat oleh lembaga pendidikan bahasa, maka menandakan bahwa Anda telah menawarkan kepada para siswa kemampuan lebih untuk belajar bahasa inggris seperti yang mereka harapkan. Untuk memahami lebih lanjut mengenai lab ini, mari simak penjelasan berikut.

Apa itu Lab Bahasa?

Laboratorium bahasa adalah alat yang sangat berguna yang memfasilitasi keterlibatan dan interaksi kelas melalui latihan dan aktivitas berbasis komputer untuk memaksimalkan pembelajaran bahasa. Laboratorium ini akan memberikan pengalaman yang sangat berbeda dari sistem pengajaran dan pembelajaran bahasa yang dilakukan di kelas biasa. Tidak hanya itu, laboratorium bahasa ini juga menawarkan fitur dan fungsi yang tentunya lebih canggih.

Keuntungan Memiliki Lab Bahasa Inggris

Dalam memfasilitasi peran guru dalam menciptakan lingkungan belajar bahasa yang lebih menarik bagi siswa dan menawarkan kepada siswa lebih banyak jam latihan daripada yang dapat ditemukan di buku-buku bahasa inggris, lab ini hadir dengan berbagai keuntungan, diantaranya :

  • Sangat praktis Untuk mempelajari bahasa, khususnya bahasa inggris tidak cukup hanya dengan teori saja, tetapi dengan praktik juga. Untuk mendapatkan pelatihan bahasa secara praktik, laboratorium bahasa memberikan latihan dengan cara yang menghibur dan interaktif untuk 4 keterampilan utama dalam berbahasa: mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mendengarkan, berbicara, membaca, guru dapat menggunakan fungsi digital dan perekam, yang bertujuan menggantikan fungsi menulis ketika mengajarkan bahasa. Bahkan guru dapat melakukan rekaman langsung dengan live video streaming dari kamera guru/kamera dokumen, sehingga sangat mudah untuk mendapatkan bahan ajar.

  • Siswa belajar lebih cepat Program interaktif yang disediakan dalam lab membantu siswa belajar bahasa inggris lebih cepat daripada di ruang kelas biasa. Hal ini dikarenakan laboratorium bahasa meningkatkan motivasi siswa untuk mencapai tingkat retensi dan kemajuan bahasa yang lebih tinggi.

  • Guru mengambil peran yang lebih penting di lab bahasa Ada ketakutan besar di dunia pendidikan bahwa teknologi akan menggantikan peran guru dan posisi guru akan menjadi usang sepenuhnya. Laboratorium bahasa membantah mitos ini karena menyediakan bahan tambahan yang hanya memfasilitasi peran instruktur daripada bersaing dengannya. Guru kemudian dapat fokus pada bagian-bagian penting dari pembelajaran daripada membuang waktu untuk menjelaskan semuanya.

  • Menggunakan lebih banyak sumber daya dan beragam kegiatan daripada di ruang kelas tradisional Laboratorium bahasa inggris memungkinkan siswa untuk mempraktekan bahasa dengan berbagai kegiatan dan latihan yang lebih luas berdasarkan pada komputer. Pembelajaran terjadi dalam cara yang terstruktur, dalam konteks nyata dan secara visual menarik siswa dalam lingkungan pembelajaran bahasa dan mempromosikan penggunaan bahasa.

  • Bisa mendorong komunikasi di kelas Laboratorium bahasa inggris juga mendorong komunikasi siswa dengan guru serta sesama siswa melalui kegiatan dan latihan yang penting untuk komunikasi lisan dan pemahaman bahasa.

Laboratorium ini mencakup :

Percakapan Kelompok

Guru dan siswa dapat bertukar pendapat dengan obrolan grup, Jenis pengelompokan: berdua, grup per baris, grup menurut kolom, menggunakan grup yang ada atau pengelompokan acak.

Percakapan Topik

Guru dapat mengatur topik yang berbeda dan siswa dapat memilih untuk bergabung dengan topik mana dengan satu klik. Guru juga dapat memilih salah satu grup untuk bergabung dengan percakapan.

Itulah berbagai keuntungan dari memiliki dan menggunakan lab ini dalam proses belajar bahasa inggris. Bagi institusi Anda yang belum memiliki lab bahasa inggris, Anda tidak perlu berkecil hati, karena Anda masih bisa menyewa lab bahasa inggris di Linguist dari PT. Vettra Solusi Indonesia. Linguist adalah Perangkat Lunak Manajemen Kelas Multimedia canggih untuk lab dan komputer dengan terobosan evolusi. Ini menghubungkan guru dengan siswa dalam kelas, membantu siswa atau kelompok Berkomunikasi, Belajar, dan Berkolaborasi satu sama lain.

1,050 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page