top of page
  • Vettrasolusindo

Semua Hal yang Harus Diketahui Tentang Lab Bahasa

Updated: Jul 26, 2023


lab bahasa multimedia

Sejak globalisasi hadir, dunia telah mengalami proses integrasi yang menghubungkan semua orang di seluruh dunia. Akibat globalisasi ini, orang dipaksa untuk memahami satu sama lain dengan mulai mempelajari bahasa internasional, yaitu bahasa inggris. Namun seiring dengan berjalannya waktu, belajar bahasa tidak lagi harus kaku dan teoritis seperti di dalam kelas. Kini telah hadir dengan apa yang disebut dengan laboratorium bahasa.

Bahkan ada juga laboratorium bahasa yang digabungkan dengan teknologi, yang disebut dengan lab bahasa multimedia. Untuk memahami mengenai lab bahasa multimedia ini, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Lab Bahasa Multimedia?

Perangkat lunak lab bahasa digital yang komprehensif yang dapat digunakan untuk pelatihan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Dibantu oleh alat tersebut, guru dapat menyampaikan pengajaran bahasa ke kelas dengan lancar dan menarik. Dengan interface-nya yang sederhana dan straight-forward, perangkat lunak ini mudah dipelajari dan dioperasikan.

Mengapa Anda harus Menggunakannya?

Lab bahasa multimedia ini menggunakan teknologi terobosan dari perangkat lunak dan perangkat keras terintegrasi yang dilengkapi dengan keuntungan dari keduanya. Secara khusus, lab ini tidak hanya memiliki kelebihan kualitas suara yang bagus, meminimalkan penundaan, dan efisiensi transmisi yang tinggi, tetapi lab ini juga memiliki biaya yang lebih rendah dan dapat dipertahankan dengan mudah sebagai lab bahasa perangkat lunak.

Selain itu, dengan basis komputernya, lab ini memungkinkan pengajaran multimedia yang lebih kaya dengan cara interaktif melalui fungsi-fungsi manajemennya yang begitu kuat sebagai ruang komputer.

Manfaat Menggunakannya

Berikut ini sejumlah manfaat menggunakan lab bahasa multimedia sebagai media pembelajaran bahasa yang interaktif :

Meningkatkan interaksi siswa dan guru

Dikarenakan lab ini menyediakan saluran untuk berkomunikasi. Misalnya,

  • Percakapan Kelompok

Guru dan siswa berkomunikasi melalui obrolan grup. Jenis pengelompokan: berdua, grup per baris, grup menurut kolom, menggunakan grup yang ada atau pengelompokan acak.

  • Percakapan Topik

Guru dapat mengatur topik yang berbeda dan siswa dapat memilih untuk bergabung dengan topik mana dengan satu klik. Guru juga dapat memilih salah satu grup untuk bergabung dengan percakapan.

Proses belajar yang menyeluruh

Laboratorium bahasa multimedia ini mampu memfasilitasi pembelajaran bahasa secara menyeluruh seperti tata bahasa, pelafalan, kosakata, intonasi, dan lainnya.

Meningkatkan tingkat retensi siswa

Karena siswa dapat menonton pelajaran secara visual dibandingkan dengan hanya menjadi pendengar yang pasif, para siswa pun menjadi lebih semangat untuk memperhatikan dan belajar. Para guru pun mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan siswa dengan menggunakan fungsi digital dan perekam, yang bertujuan menggantikan fungsi menulis ketika mengajarkan bahasa. Bahkan guru dapat melakukan rekaman langsung dengan live video streaming dari kamera guru/kamera dokumen, sehingga sangat mudah untuk mendapatkan bahan ajar.

Membantu para siswa yang kesulitan dalam hal pengucapan

Terlepas dari aksen guru, siswa mendapatkan aksen yang benar karena praktik pada perangkat lunak ini diberikan oleh ahli aksen benar.

Itulah semua hal yang harus Anda ketahui tentang lab ini. Bagi institusi Anda yang belum memiliki lab bahasa inggris dan menginginkan lab bahasa yang interaktif, maka Anda dapat menyewa lab bahasa multimedia ini di Linguist dari PT. Vettra Solusi Indonesia.

Linguist adalah Perangkat Lunak Manajemen Kelas Multimedia canggih untuk lab bahasa inggris dan komputer dengan terobosan evolusi. Ini menghubungkan guru dengan siswa dalam kelas, membantu siswa atau kelompok Berkomunikasi, Belajar, dan Berkolaborasi satu sama lain.

310 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page