top of page
  • Admin

Lab Bahasa Pusdiklat

Updated: Jul 26, 2023

Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri Tahun 2020


Menteri Luar Negeri Indonesia Y.M. Retno Marsudi pada Rabu (08/01) telah manyampaikan Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri RI.


Dihadapan lebih dari 500 hadirin termasuk para Mantan Menteri dan Wakil Menteri Luar Negeri RI, Pimpinan DPR RI, Duta Besar Negara Sahabat dan Pimpinan Organisasi Internasional, Pimpinan Media Massa serta stakeholder terkait lainnya, Menlu Retno menyampaikan pencapaian Diplomasi RI dan prioritas strategis Kebijakan Luar Negeri Indonesia. 


Menlu Retno menyampaikan, “Diplomasi Indonesia berdiri tegak, bermartabat, memperjuangkan kepentingan nasional dan berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas dunia. Indonesia selalu konsisten, menjadikan pelaksanaan politik luar negeri sebagai bagian dari penyelesaian masalah dunia. 


“Indonesia secara konsisten melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif di tengah dunia yang penuh tantangan, dimana konflik dan perang masih terjadi dibeberapa tempat; penurunan trend pertumbuhan ekonomi dunia terjadi; berbagai masalah kemanusiaan masih memprihatinkan; dan masa depan bangsa Palestina, misalnya, justru menghadapi tantangan lebih besar.”


Selanjutnya, Menlu Retno menyampaikan prioritas politik luar negeri untuk tahun 2020 dan arah 5 tahun ke depan,”Diplomasi Indonesia akan dijalankan berdasarkan prioritas 4+1 yaitu: penguatan diplomasi ekonomi; diplomasi perlindungan; diplomasi kedaulatan dan kebangsaan; dan peran Indonesia di kawasan dan global. Sementara plus satu-nya adalah penguatan infrastruktur diplomasi.”


“Dalam 5 tahun ke depan, diplomasi ekonomi akan betul-betul diperkuat. Wakil Menteri Luar Negeri telah mendapatkan tugas khusus Presiden RI untuk memperkuat diplomasi ekonomi. Penugasan-penugasan konkrit akan diberikan kepada para Kepala Perwakilan dalam memperkuat diplomasi ekonomi. ”


Selengkapnya tentang Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri Tahun 2020, dapat dilihat di tautan berikut: https://kemlu.go.id/portal/id/read/946/pidato/pernyataan-pers-tahunan-menteri-luar-negeri-ri-tahun-2020 dan https://www.youtube.com/watch?v=pyICev9P-rs

199 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page