Search
  • Admin

Pentingnya Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi


Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang sudah mendunia atau bahasa Internasional. Dengan kata lain bahasa inggris merupakan bahasa yang sudah dikuasai oleh masyarakat dunia. Setiap Negara pasti menggunakan bahasa inggris untuk media berkomunikasi dengan para pendatang atau turis dari Negara lain. Sebagai bahasa global atau universal, bahasa Inggris tidak hanya memungkinkan kita untuk  berkomunikasi dan berinteraksi dengan setiap orang di seluruh dunia, tetapi juga bisa mengubahkehidupan kita menjadi lebih baik.

     Di Indonesia sendiri penggunaan bahasa inggris sebenarnya belum begitu maksimal, meskipun bahasa inggris sudah diberikan kepada anak-anak usia dini namun tidak semua anak dapat memahami bahasa inggris dengan baik. Oleh karena itu bahasa inggris selalu ada disetiap tingkatan sekolah di Indonesia seperti di Taman kanak-kanak, SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.

Untuk tingkat Perguruan Tinggi pada semua fakultas bahasa inggris merupakan suatu prasyarat untuk memperoleh gelar sarjana. Melalui test juga yaitu test TOEFL, nilai untuk test TOEFL itu sendiri bagi mahasiswa adalah 400, oleh karena itu mahasiswa juga masih membutuhkan pemahaman yang lebih baik lagi untuk bahasa inggris.

Bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi bahasa inggris juga sangat penting karena bahasa inggris sebagai pegangan untuk memenuhi persyaratan dalam dunia kerja, jika para sarjana dari Fakultas Ekonomi memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik maka akan menjadi nilai tambah bagi sarjana tersebut. Pada era globalisasi ini banyak sekali perusahaan yang membutuhkan seorang lulusan sarjana ekonomi yang mahir menggunakan bahasa inggris. Selain itu juga pada mata kuliah tertentu terdapat juga buku yang menggunakan bahasa inggris sehingga dibutuhkan pemahaman yang lebih lagi bagi mahasiswa untuk bahasa inggris itu sendiri. Terlebih bahasa inggris untuk Fakultas Ekonomi akan sangat berbeda dengan bahasa inggris pada Fakultas lainnya di Perguruan Tinggi.

Bahasa inggris pada Fakultas Ekonomi memiliki istilah-istilah baru yang sulit diartikan jika ada mahasiswa yang belum terlalu mahir berbahasa inggris. Adapula manfaat lain dari bahasa inggris bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi yaitu sebagai syarat mutlak untuk mendapatkan beasiswa pascasarjana ke luar negeri. Seperti yang dikatakan diawal tadi bahwa bahasa inggris merupakan bahasa yang sudah mendunia dan semua masyarakat dunia menggunakan bahasa inggris sebagai sarana berkomunikasi. Bahasa inggris juga merupakan bahasa computer yang membantu mahasiswa berkomunikasi di dunia maya.

Sebagai seorang mahasiswa terlebih di Fakultas Ekonomi kita harus menyadari betapa pentingnya bahasa inggris untuk diri kita sendiri ke depannya, banyak sekali hal-hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk tidak mempelajari bahasa inggris terlebih pada Fakultas Ekonomi yang dikira tidak membutuhkan bahasa inggris karena yang kita ketahui selama ini ekonomi merupakan ilmu social yang mempelajari tentang aktivitas masyarakat yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi yang terhadap barang dan jasa.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari pernyataan diatas adalah bahasa inggris sangat penting untuk dipelajari oleh seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi, karena sangat bermanfaat bagi mahasiswa itu sendiri baik dalam mendapatkan beasiswa pascasarjana, untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan baik perusahaan dalam negeri ataupun perusahaan luar negeri. Dan menambah pengetahuan tentang istilah-istilah ilmu ekonomi dalam bahasa inggris serta mempermudah mahasiswa untuk berkomunikasi dengan mahasiswa lain yang berada di luar negeri ataupun yang sedang melakukan program pertukaran pelajar.


http://juliantasari.blogspot.com/2017/12/pentingnya-bahasa-inggris-bagi.html